Home | Jurnal Medan | 3.082 Hektare Lahan Padi Teralih Fungsih

3.082 Hektare Lahan Padi Teralih Fungsih

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Angka alih fungsih lahan pertanian pangan di Sumatera Utara untuk perkebunan, juga pemukiman masih terus terjadi tiap tahunnya. Rata-rata alih fungsih pertahunnya bisa antara 0,8-1 persen.

Kepala Seksi Lahan dan Perluasan Areal, Dinas Pertanian Sumut, Lusiantini mengatakan, umumnya alih fungsi berada di lahan pertanian yang memang berbatasan langsung dengan areal perkebunan dan juga dekat wilayah perkotaan. Sementara alih fungsi lahan pertanian pangan sendiri didominasi untuk tujuan perkebunan, dan lebih besar terjadi di lahan sawah non irigasi dengan persentase 1,68 persen.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Sumut, penurunan luas areal baku lahan pertanian pada 2014 mencapai 3.082 hektare. Dimana angka luas lahannya berkurang dan menjadi 449.213 hektare, dari jumlah luas lahan di 2015 sebanyak 452.295 hektare. Secara keseluruhan, persentase alih fungsi lahan pertanian di Sumut sebesar 0,68 persen.

Daerah yang paling besar lahan pertanian mengalami alih fungsih lahan paling besar berada di Kabupaten Mandailing Natal mencapai 1.130 hektare, Nias 1.126 hektare, Langkat 927 hektare, Kabupaten Karo 624 hektare dan Serdang Bedagai 200 hektare.

Sementara itu, ditengah gempuran alih fungsih lahan yang masih terus terjadi, namun tingkat produksi harus tetap meningkat, maka Dinas Pertanian melakukan optimalisasi luas panen dengan menggenjot produktifitas lewat program perbaikan irigasi serta perbanyak waktu tanam, yang setahunnya bisa 2-3 kali panen. Disamping itu juga penggunaan teknologi cara tanam berbentuk jajar legowo dan haston agar jumlah bulir padi yang dihasilkan pada satu batang pohon lebih banyak.

Terlebih pada tahun ini, Sumut ditargetkan bisa memproduksi padi 4.628.968 ton gabah kering giling (GKG) dari realisasi angka sementara 2015 yang masih 4.334.591 ton. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in