Home | Jurnal Medan | Pemerintah Mulai Distribusikan KIS

Pemerintah Mulai Distribusikan KIS

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah mulai mendistribusikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada tahun ini sebanyak 982.030 jiwa di wilayah Medan, Langkat dan Binjai. Penyaluran telah dimulai Januari 2016.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Medan, Mariamah mengatakan, distribusi kartu di lakukan lewat pihak ketiga yakni JNE, PT Pos dan mitra BPJS Kesehatan. Harapannya dapat tersalur tepat sasaran dan tepat waktu ke pihak yang terdata.

Mariamah memerinci, jumlah masyarakat yang menerima kartu KIS untuk di Kota Medan sebanyak 482.048 jiwa, lalu Binjai sebanyak 65.159 jiwa dan Langkat sebanyak 438.823 jiwa.

Sementara, agar dalam pelaksanaannya berjalan lancar, BPJS Kesehatan membuat posko pemantauan dan penanganan pengaduan distribusi KIS-PBI baik di tingkat kantor pusat, divisi regional, cabang dan kantor layanan operasional. Posko tersebut juga berfungsih memantau distribusi penyaluran yang sudah 100 persen diserahkan BPJS Kesehatan ke pihak ke 3 untuk memastikan apakah sudah sampai atau belum ke peserta eks Jamkesmas sesuai dengan data masterfile.

Jumlah jiwa yang menerima KIS pun sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kementerian Sosial. Kartu Indonesia Sehat sendiri merupakan tanda kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif pada fasilitas kesehatan melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis. KIS diterbitkan oleh BPJS Kesehatan untuk seluruh peserta jaminan kesehatan termaksud penerima bantuan iuran (PBI) dan terbagi dua, yakni kelompok masyarakat yang wajib mendaftar dan membayar iuran, baik membayar sendiri (mandiri) ataupun berkontribusi bersama pemberi kerjanya (segmen buruh atau pekerja) lalu kelompok masyarakat miskin dan tidak mampu yang di daftarkan oleh pemerintah dan iurannya dibayari oleh pemerintah (segmen penerima bantuan iuran atau PBI). Untuk kartu lainnya seperti kartu eks Askes, eks Jamkesmas, KJS, kartu JKN BPJS Kesehatan masih tetap berlaku sesuai ketentuan sepanjang belum diganti dengan KIS. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in