Home | Jurnal Medan | Perusahaan Ritel Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Perusahaan Ritel Terapkan Kantong Plastik Berbayar

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perusahaan ritel PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk, pemilik jaringan ritel Alfamart dan Alfamidi akan mulai menerapkan kebijakan pemerintah terkait kantong plastik berbayar pada bulan ini. Kebijakan tersebutpun akan diberlakukan secara nasional di seluruh jaringan toko, termasuk wilayah Kota Medan.

Keputusan ini menyusul setelah dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor S.71/Men LHK – II/ 2015 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada 21 Febuari 2015 silam.

Branch Corporate Communication Alfamart Medan, Eris Estrada Sembiring mengatakan, nantinya kebijakan plastik berbayar ini harapannya mampu mengurangi jumlah sampah plastik di masyarakat.

Sementara mengenai besaran biaya yang dikenakan untuk kantong plastik tersebut hingga kini masih dibahas manajemen Alfamart. Tapi dipastikan, besaran biaya tidak akan terlalu membebankan konsumen dan sekaligus bisa menekan penggunaan kantong plastik.

Kebijakan kantong plastik berbayar ini harapannya juga dapat menghemat biaya operasional perusahaan. Sebab biaya cetak kantong plastik terbilang cukup besar dalam komponen biaya operasional perusahaan. Dan nantinya, dengan penerapan kebijakan kantong plastik berbayar ini, perusahaan akan memberikan kompensasi peningkatan anggaran CSR. Dimana PT Sumber Alfaria Triwijaya siap alokasikan dana CSR sebesar Rp 10 miliar per tahun secara nasional dari penghematan pengadaan kantong plastik di toko. Anggaran ini bisa dialokasikan untuk kegiatan CSR mendukung program pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in