Home | Jurnal Medan | Bea Cukai Harap Pelaku Industri Manfaatkan Penangguhan

Bea Cukai Harap Pelaku Industri Manfaatkan Penangguhan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya B Medan berharap fasilitas penangguhan pembebasan pembayaran pajak dapat di manfaatkan pelaku industri dalam mendongkrak pendapatan ditengah kelesuan perekonomian yang belum pulih.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya B Medan, Sonny S Ramli mengatakan, fasilitas penangguhan pembebasan pembayaran pajak untuk pelaku industri tanah air sebagai kemudahan pelayanan. Harapannya dapat menjadi pendongkrak perekonomian ditengah kelesuan ekonomi regional saat sekarang ini.

Maka dengan perekonomian industri maju, harapannya akan ada triple loan efek yang terjadi. Mulai dari potensi lapangan pekerjaan yang terbuka lewat ekspansi perusahaan membangun pabrik baru. Maka dengan begitu secara otomatis pun akan turun menghidupkan geliat perekonomian masyarakat sekitar industri.

Sonny menerangkan, bahwa pada dasarnya setiap barang import maupun ekspor dikenakan pajak bea masuk dan keluar, namun ada fasilitas khusus berupa penangguhan pembayaran perpajakan ditujukan untuk industri yang melakukan impor bahan baku maupun pengadaan barang modal dari luar negeri dan kemudian barang jadinya di ekspor.

Kalangan industri yang memanfaatkan fasilitas penangguhan masih di dominasi oleh perusahaan penanaman modal asing (PMA), kemudian sisanya penanaman modal dalam negeri (PMDN). Sedangkan, saat ini perusahaan industri di kawasan brikat yang dibebaskan pembayaran pajak impor dan eksport ada sebanyak 43 perusahaan dari industri turunan kelapa sawit, karet, makanan kalengan dan furniture. Serta 11 perusahaan cukai. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in