Home | Jurnal Medan | Lantamal I Belawan Jaga Mangrove dari Aceh-Sumut

Lantamal I Belawan Jaga Mangrove dari Aceh-Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan mengamankan sepanjang teritori bibir pantai Aceh dan Sumatera Utara tanaman hutan bakau (mangrove) dari upaya pengrusakan dan alih fungsih lahan.

Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Yudo Margono mengatakan, pengamanan tidak hanya menyangkut keamanan negara di bagian pulau terdepan, namun juga hutan bakau. Sebab fungsihnya juga sangat besar, selain mencegah erosi atau abrasi, juga menjadi tempat hidup banyak biota laut. Bila tumbuhan tanaman mangrove nya terjaga, masyarakat sekitar pantai juga dapat terlindung dari ancaman bencana.

Berdasarkan laporan yang ada, kerusakan mangrove terparah berada di Kabupaten Langkat. Saat ini bersama dengan Dinas Kehutanan, patroli pengawasan mulai dilakukan terhadap tindakan masyarakat yang melakukan pengrusakan. Namun hasilnya belum terlalu optimal, sehingga belum ada pelaku yang diamankan.

Kemudiam wilayah lain yang juga turut menjadi target harus dikembalika fungsih ekosistem mangrovenya yakni di sepanjang Belawan, Serdang Bedagai (Sergai) dan Deli Serdang. Lainnya berada di Sabang, Semeuleu, Lhokseumawe, Dumai dan Tanjung Balai Asahan.

Kepada masyarakat pun diharapkan untuk dapat secara bersama-sama peduli dalam menjaga ekosistem laut. Kemarin Danlantamal bersama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) melakukam penanaman sekitar 5.000 mangrove di sekitar Belawan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in