Home | Jurnal Medan | Lantamal Belawan Perkuat Penegakan dan Pembinaan

Lantamal Belawan Perkuat Penegakan dan Pembinaan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan pada tahun ini kian perkuat diri dalam penegakan kedaulatan di perairan laut dan pembinaan potensi maritim.

Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Yudo Margono mengatakan, pembinaan potensi maritim meliputi pendampingan ke masyarakat sekitar bibir pantai untuk memanfaatkan potensi yang ada, mulai dari budidaya ikan tambak atau kerambah dan pembinaan dalam sistem tangkap ikan agar tidak menggunakan bom (pukat) yang sangat merusak ekosistem laut.

Kemudian melakukan penanaman mangrove secara besar-besaran dan berkesinambungan untuk mengembalikan fungsih pantai dalam mencegah abrasi atau erosi dan juga sebagai tempat tinggal biota laut.

Danlantamal juga mengatakan, bahwa salah satu pilar budaya maritim yakni membawa masyarakat sekitar bahwa mereka hidup di lingkungan maritim, maka harus membudidayakan potensi maritim, namun tetap menanam dan menjaga mangrove.

Selain itu, dalam hal penegakan maritim, maka pengamanan dilakukan mulai perairan Sabang sampai perairan Dumai. Saat ini ada lima pangkalan angkatan laut yang dijaga. Tidak hanya dari hal pengamanan dari upaya penyelundupan barang ilegal namun juga pengamanan upaya tindak kejahatan lain seperti ilegal fishing dan trafficking. Sebab laut merupakan jalur yang cukup rawan terhadap upaya tindak kejahatan tersebut. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in