Home | Jurnal Medan | 2 Mesin Pembangkit Rusak, PLN Defisit 173 MW

2 Mesin Pembangkit Rusak, PLN Defisit 173 MW

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kebakaran hebat yang melanda pabrik di kawasan Belawan, Minggu (17/01), menyebabkan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kini defisit daya hingga 173 megawatt. Sebagian wilayah di Sumatera Utara dan Aceh pun masih akan merasakan pemadaman bergilir karena kondisi kelistrikan belum normal hingga tiga hari kedepan.

Manager Humas PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara, Mustafrizal mengatakan, mulai pukul 18.40 Wib listrik mulai mengalami gangguan di gardu induk, hal itulah kemudian menyebabkan hilangnya tegangan hampir terjadi di seluruh Sumut dan Aceh.

Pada saat itu, kabel saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kilo volt Belawan-Binjai yang menyalurkan daya dari Pembangkitan Belawan ke sistem Sumatera Bagian Utara putus, sehingga pembangkit pun tidak dapat beroperasi karena tegangan alami blackout sistem.

Hingga hari ini pembangkit tersebut terkena dampak kerusakan sejak kerusakan terjadi dan masih proses pemulihan, yakni GT 2.1 dan 2.2 blok 2 belawan, PLTU 3, 4 Belawan, PLTG LOT 3 Belawan, PLTA Sipan dan Renun, serta PLTU 1 dan 2 Pangkalan yang hingga kini masih proses pemulihan.

Sedangkan PLTU 1 Nagan Raya juga kini masih proses pemulihan, dimana sedang penggantian diafragma LP Turbin, penggantian modul governor dan pemulihan incoming PS. Lalu satu pembangkit di PLTU 2 PKS Nagan Raya juga saat ini masih rusak di bagian diafragma LP Turbin, serta bagian exiter yang terbakar dan kini masih dalam proses investigasi untuk penyebab kebakarannya.

Raidir juga menuturkan, akibat PLTU Pangkalan Susu dan Nagan Raya belum bisa dioperasikan, suplai pasokan listrik untuk sistem Sumatera Utara terhambat. Sebab cadangan daya yang dapat tersuplai dari PLTU Pangkalan Susu sebanyak 2x200 dan Nagan Raya 2x80 MW.

PLN sendiri mengaku sejak kerusakan terjadi, hingga kini masih terus berupaya memperbaiki dan mempercepat pemulihan PLTU agar pasokan listrik ke masyarakat bisa kembali normal. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in