Home | Jurnal Medan | "Endus" Dugaan Kartel Daging, TPID Lakukan Penyelusuran

"Endus" Dugaan Kartel Daging, TPID Lakukan Penyelusuran

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan melakukan penelusuran ke lapangan untuk mencari penyebab melambung tingginya harga daging ayam dan sapi di Kota Medan saat sekarang ini.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Subintoro menganggap, kenaikan harga pada beberapa komoditas yang terjadi sekarang ini masih dalam rentang pola yang bisa dikendalikan, meski begitu musti tetap di waspadai agar nilainya tidak sampai terlalu melambung tinggi.

Adanya dugaan kartel yang dilakukan oleh pedagang besar pun masih perlu penyelusuran lebih dalam lagi. Namun akan dilakukan pertemuan koordinasi antar stake holder terkait, mulai dari pemerintah dan pihak kepolisian. Sebab kenaikan daging ayam dan sapi yang terjadi saat sekarang ini terbilang di luar kewajaran, karena hukum pasar yang biasanya dipicu oleh permuntaan tinggi maka harga akan naik, justru saat ini kondisi demandnya (permintaan) tidak mengalami gejolak.

Dilihat dari kondisinya saat sekarang ini, kenaikan harga diprediksi akan berlangsung hingga Februari nanti untuk daging ayam, karena sebelumnya dilakukan pemusnahan bibit induk ayam oleh peternak atas kebijakan pemerintah sehingga membuat pasokan yang tersedia berkurang belum kembali normal. Sementara untuk daging sapi belum dapat diprediksi hingga kapan terjadi.

saat ini harga daging ayam sudah hampir mencapai Rp30 ribu perkilogramnya, dan sudah berlangsung nyaris sebulan. Padahal harga sebelumya berada di bawah Rp20 ribu. Kemudian daging sapi juga mengalami kenaikan harga. Dari berada di kisaran Rp98 ribu perkilogram, kini sudah nyaris Rp108 ribu. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in