Home | Jurnal Medan | Jumlah Penduduk Miskin di Sumatera Utara Meningkat

Jumlah Penduduk Miskin di Sumatera Utara Meningkat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Jumlah penduduk miskin di Sumatera Utara terus mengalami peningkatan. Hal itu terjadi karena kian banyaknya pengangguran, namun tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan pekerjaan, serta inflasi yang terjadi pada 2014.

Kepala Badan Pusat Statistk (BPS) Sumut, Wien Kusdiatmono mengatakan, per September 2014 jumlah penduduk miskin di Sumut mencapai angka 1,36 juta orang atau hampir 10 persen dari total jumlah penduduk. Angka itu naik dibanding kondisi Maret 2014 yang berada pada angka 1,29 juta orang. Bahkan, dalam satu dekade terakhir, angka kemiskinan hanya turun tidak lebih dari 500 ribu orang.

Dia merinci, masih berdasarkan data yang sama, jumlah penduduk miskin yang tinggal di daerah pedesaan sedikit lebih besar dibanding yang di daerah perkotaan. Di pedesaan, jumlah penduduk miskin mencapai 0,69 juta, sedangkan di perkotaan sekira 0,67 juta orang.

Adapun faktor penyebab melonjaknya jumlah penduduk miskin tersebut karena angka inflasi sepanjang Maret hingga September 2014 mencapai 2,83%, naik dibanding periode September 2013 hingga Maret 2014 yang berada pada level 1,48%. Selain itu, jumlah pengangguran di Sumut juga cukup tinggi yakni sebesar 6,23% dari total jumlah penduduk. Padahal sebelumnya bertengger di angka 5,95%.

Sementara nilai tukar petani sepanjang 2014 terus mengalami penurunan sehingga menyebabkan jumlah penduduk miskin di pedesaan terdongkrak. Belum lagi dengan pertumbuhan ekonomi yang terus melambat dan berpengaruh signifikan terhadap angka kemiskinan. Sebagai perbandingan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2014 sebesar 5,64%, sedangkan pada kuartal III melambat jadi 5,20%.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in