Home | Jurnal Medan | Program Pembangunan Sejuta Rumah Tidak Mencapai Target

Program Pembangunan Sejuta Rumah Tidak Mencapai Target

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Program pembangunan sejuta rumah tak mencapai target. Sebab hingga akhir tahun, realisasi pembangunan hanya mencapai 429 ribuan unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dari target 603.516 unit rumah.

Wakil Sekretaris Jenderal Real Estate Indonesia (REI), Tomy Wistan mengatakan, program sejuta rumah ini terbagi dua, yakni komersil atau non MBR hanya terealisasi 39 persen, sedangkan MBR hanya terealisasi 60 persen. Sehingga pada tahun ini, baik rumah jenis MBR maupun non MBR tidak tercapai target pembangunannya, hal itu karena kondisi perekonomian Indonesia yang melambat.

Namun Tomy menuturkan, meski pembangunan tidak tercapai untuk jenis rumah MBR maupun non MBr, justru untuk jenis Rumah Sejahtera Tapak (RST) pembangunannya jauh lebih banyak dari pada tahun 2014. Pada 2014, pembangunannya hanya sekitar 300 ribuan unit rumah yang tersebar di Indonesia, tetapi pada 2015, lebih dari 400 ribuan unit yang sudah dikerjakan.

Tomy menambahkan, untuk Sumatera Utara (Sumut) sendiri, target pembangunan RST sebanyak 7.500 unit sudah terlaksana. Ini menandakan bahwa Sumut masih memiliki lokasi yang potensi bisa dibangun perumahan baru.Sebab segmen pasar RST masih memiliki potensi untuk menyasar masyarakat kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menurutnya, masih banyak PNS yang tinggal di daerah-daerah dan belum memiliki rumah.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in