Home | Jurnal Medan | 508,52 Km Jalan Nasional di Sumut Buruk

508,52 Km Jalan Nasional di Sumut Buruk

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sepanjang 508,52 kilometer (km) atau sekitar 19,32 persen kondisi ruas jalan di jalur nasional Provinsi Sumatera Utara masih dalam keadaan rusak, bahkan ada yang belum tersentuh aspal.

Kepala Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah I Provinsi Sumatera Utara, Paul Ames Halomoan mengatakan, masih banyaknya kondisi jalan yang rusak atau tidak mantap ini berada di Lintas Barat. Bahkan, masih ada jalan yang belum diaspal (masih tanah).

Kondisi jalan di jalur Lintas Barat ini akan segera dilakukan pembangunan, sepanjang 89 Km selama 3 tahun dengan lebar badan jalan 6,38 km. Pembangunan ini direncanakan akan dilaksanakan awal Januari 2016 mendatang.

Selain itu, masih ada jalan yang lebarnya belum sesuai standar (masih sepanjang 4 meter), daru keharusan minimal lebar badan jalan 6 meter. Hal ini pulaklah menjadi 'PR' (Pekerjaan Rumah) bagi BBPJN ke depan untuk mencapai jalan mantap sepanjang 2.632,22 KM.

Sementara itu tercatat, kondisi infrastruktur jalan nasional di Provinsi Sumatera Utara yang totalnya sepanjang 2.632 kilometer (Km), sekitar 80,68 persen atau sepanjang 2.123 KM dalam kategori mantap.

Kondisi jalan mantap di Sumatera Utara pada semester I 2015 tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan jalan mantap pada semester II tahun 2014 yang mencapai 1.806,36 KM. Dengan demikian, jalan mantap pada semester I tahun 2015 bertambah sepanjang 317,43 KM.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I menargetkan kondisi jalan mantap di Sumut mencapai 98 persen hingga 2019 mendatang. Oleh karena itu, hingga kini terus dikebut untuk pembangunan dan perawatan jalan agar dapat mencapai target dalam waktu 3 tahun ini. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in