Home | Jurnal Medan | Industri Perbankan Hati-hati Menyalurkan Kredit

Industri Perbankan Hati-hati Menyalurkan Kredit

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Industri perbankan diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam menyalurkan kredit, khususnya pada sektor konstruksi untuk memperkecil resiko kredit macet (non performing loan/NPL).

Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumut, Budi Trisnanto mengatakan, pada tahun ini dan tahun depan industri perbankan akan banyak menyalurkan kredit ke sektor kontruksi. Hal tersebut dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan oleh pemerintah.

Hingga Oktober 2015, rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) net sektor konstruksi di Sumut mencapai 2,4 persen, atau turun jika dibandingkan bulan sebelumnya yang sempat mencapai 2,5 persenn Namun, Budi menilai tren penaikan NPL konstruksi masih ada hingga tahun depan.

Budi menilai kalau bisnis kontruksi memiliki risiko yang sangat tinggi, sebab sektor tersebut masih sangat tergantung pada kondisi nasional. Menurutnya, tahun depan akan banyak proyek infrastruktur yang akan disalurkan pemerintah, sehingga sejalan dengan tingginya pembangunan.

Bila dibandingkan proyek swasta dan pemerintah, NPL paling tinggi masih dari pihak swasta. Sebab, perbankan cukup banyak membiayai pembangunan pusat perbelanjaan, hotel dan real estate.

Untuk menghindari peningkatan NPL, perbankan dianjurkan harus tetap menerapkan prinsip kehati-hatian, lalu memperhatikan pertumbuhan ekonomi dan permintaan.

Sementara itu, pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dolar, memengaruhi sektor tersebut. Seperti harga semen dan besi, katanya, sangat bergantung dengan kondisi makro ekonomi.

Berdasarkan data Bank Indonesia Perwakilan Sumut, total penyaluran kredit konstruksi hingga Oktober 2015 mencapai Rp5,24 triliun, terkontraksi 3,68 persen secara year on year dari posisi Rp5,44 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in