Home | Jurnal Medan | Kurangi Ketergantungan Kayu, YEL Kampanyekan Penggunaan Bambu

Kurangi Ketergantungan Kayu, YEL Kampanyekan Penggunaan Bambu

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tingkat kerusakan alam yang kian parah dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab dengan melakukan penebangan pohon di hutan secara berlebihan, mendorong Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) melakukan kampanye nyata lewat pemanfaatan material bangunan alam berupa bambu yang lebih ramah lingkungan dan mudah di dapat.

Ketua YEL, Sofyan Tan mengatakan, bambu merupakan tumbuhan yang gampang hidup dan ketersediaannya banyak di negara tropis seperti Indonesia. Selain itu juga rentang penanamannya (jangka hidup menjadi besar) sangat cepat sekali, sehingga tidak membutuhkan waktu hingga berpuluh tahun.

Maka lewat kampanye langsung berupa pemanfaatan bambu untuk membangun restoran yang menerapkan konsep ecolodge inilah, dijadikan sebagai contoh atau pendidikan ke masyarakat, bahwa membangun tidak harus menebang hutan. Harapannya ketergantungan akan kayu pun dapat berkurang.

Memanfaatkan bambu sebagai bahan utama mendirikan Restoran Kapal Bambu di Ecolodge Bukit Lawang menjadi alasan utama menjaga keberadaan alam sekitar. Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) dalam mendukung ekowisata di Bukit Lawang Sumatera Utara.

Tetapi sayangnya, menurut Sofyan Tan, keberadaan fasilitas yang menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Bukit Lawan tidak didukung dengan infrastruktur jalan. Dan ini merupakan persoalan klasik yang tidak pernah tuntas diatasi pemerintah.

Sofyan Tan menyebutkan jalan rusak itu sudah dimulai dari kecamatan Kuala hingga kecamatan Bahorok. Ini mengakibatkan waktu tempuh semakin lama, karena kendaraan harus ekstra hati-hati, terutama dikala hujan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in