Home | Jurnal Medan | Dijanjikan Turun, Harga Gas Justru Bertahan Mahal

Dijanjikan Turun, Harga Gas Justru Bertahan Mahal

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Janji pemerintah yang akan menurunkan harga gas industri di Provinsi Sumatera Utara tak juga kunjung terealisasi. Padahal sesuai kesepakatan, harusnya dimulai 10 Desember 2015, harga gas turun.

Kesepakatan penurunan harga gas, diperoleh dari rapat koordinasi antara Komite II DPD RI, PT PGN, PT Pertagas, Kementrian ESDM dan asosiasi pengusaha di Medan akhir bulan lalu. Disepakati gas turun dari USD13,8 perjuta perstandar kaki kubik perhari atau milion british terminal unit (MMBTU) menjadi USD12,2 per MMBTU.

Ketua Asosiasi Pengusaha Pengguna Gas (Apigas) di Sumut, Johan Brien mengaku kecewa dengan janji perusahaan penyalur gas yang akan menurunkan harga namun belum juga ditepati. Sebab hingga kini, belum ada pemberitahuan ataupun surat tertulis dari PT PGN dan PT Pertagas mengenai penurunan harga gas industry. Pengusahapun masih membayar harga gas yang lama, yaitu USD13,8 per MMBTU.

Harga gas yang dianggap pengusaha tidak ekonomis tersebut sangat merugikan sendi perekonomian usaha. Sebab ditengah perekonomian yang melambat, beban cost (biaya keluar) juga tinggi. Diakui Johan, kini banyak pengusaha yang tengah memperhitungkan beban biaya. Bila terlalu merugi, maka akan lebih memilih tutup.

Setelah dilakukan diskusi dengan Sekretaris Presiden RI, juga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), perusahaan penyalur gas secara koorporasi bersepakat menurunkan harga gas industri. Dimana PT Pertamina Gas (Pertagas) menurunkan harga jual gasnya sebesar USD1,09 dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menurunkan USD0,55. Dengan harga jual sebesar 12,22 juta perstandar kaki kubik perhari atau milion british terminal unit (MMBTU), dari harga sebelumnya USD13,86 MMBTU.

Selain itu, sesuai dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) tentang kebijakan harga gas bumi, per 1 Januari 2016 harga jual gas ke industri sebesar USD11,22 juta perstandar kaki kubik perhari. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in