Home | Jurnal Medan | 2016, Ekonomi Indonesia Masih Dihantui Beragam Tantangan

2016, Ekonomi Indonesia Masih Dihantui Beragam Tantangan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perekonomian Indonesia, khususnya Sumatera Utara pada tahun depan diprediksi masih akan mendapat tantangan, karena belum pulihnya ekonomi global, serta penurunan harga komoditas dan dampak global yang dapat ditimbulkan oleh proses normaliasi kebijakan moneter Amerika Serikat.

Pimpinan Bank Indonsia Wilayah Sumatera Utara, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, meski prospek pertumbuhan ekonomi global pada 2016 diperkirakan membaik menjadi 3,5 persen, namun ada resiko proyeksi tersebut dapat lebih rendah, apabila pemulihan ekonomi Tiongkok dan negara berkembang lain tidak sesuai harapan.

Terkait penurunan harga komoditas yang diperkirakan masih berlanjut pada 2016 sejalan dengan berakhirnya super cycle harga komoditas. Hal ini perlu terus disikapi, karena dapat semakin menurunkan ekspor Indonesia dan menghambat pemulihan ekonomi, bila tidak dapat melepaskan diri dari ketergantungan pada ekspor berbasis sumber daya alam.

Resiko lain yang bisa terjadi di 2016 terkait dampak global yang dapat ditimbulkan oleh proses normalisasi kebijakan moneter AS. Baik dari sisi timing maupun besaran perubahan fed fund rate. Sejalan dengan proses normalisasi tersebut, pasar keuangan global akan memasuki episode likuiditas dollas AS yang cenderung lebih kuat ketat sehingga menopang penguatan dollar AS.

Selain resiko tersebut, juga perlu mencermati berbagai dinamika global lain, termaksud konstelasi kebijakan ekonomi global yang menjurus pada upaya untuk meningkatkan daya saing melalui mata uang (currency war) yang bisa saja muncul tanpa diduga dan berdampak signifikan pada ekonomi Indonesia seperti yang terjadi di tahun 2015 Tiongkok melakukan kebijakan devaluasi terhadap mata uang yuan secara tiba-tiba tanpa diperkirakan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in