Home | Jurnal Medan | Pertumbuhan Kumulatif Ekonomi Sumut Diperkirakan pada Range 5,1 persen.

Pertumbuhan Kumulatif Ekonomi Sumut Diperkirakan pada Range 5,1 persen.

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia memperkirakan, angka pertumbuhan kumulatif ekonomi Sumut hingga akhir tahun berada pada range 5,1 persen.

Pimpinan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, tahun 2015 merupakan tahun yang penuh tantangan dan ujian bagi perekonomian Indonesia. Tekanan terhadap stabilitas ekonomi begitu kuat, muncul dari segala arah dan mengaburkan berbagai kinerja positif yang dicapai sebelumnya.
Berbagai tekanan yang dihadapi Indonesia tidak terlepas dari terjadinya berbagai pergeseran fundamental dalam perekonomian dunia dan perubahan konstelasi kebijakan ekonomi di negara maju berkembang sejak krisis keuangan global 2008.

Kondisi global yang tidak begitu baik tersebut, membuat nilai tukar rupiah terdepresiasi. Sampai Oktober 2015, rupiah tercatat melemah 9,5 persen, lebih rendah dibandingkan dengan pelemahan mata uang negara lain. Demikian pula halnya dengan volatilitas pergerakan mata uang, volatilitas yang terjadi pada rupiah lebih kecil dibandingkan dengan mata uang negara lain.

Namun pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi, diakui Difi tidak memberikan dampak berlebihan pada kegiatan ekonomi. Sebab meskipun menurun dibandingkan capaian tahun lalu, pertumbuhan ekonomi yang terendah di 2015, sebesar 4,67 persen pada triwulan II 2015, masih lebih tinggi dibandingkan dengan capaian negara-negara lain.

Bahkan pertumbuhan ekonomi pafa triwulan II 2015, juga sudah kembali meningkat menjadi 4,73 persen. Sehingga Bank Indonesia memperkirakan untuk keseluruhan di 2015 pertumbuhan ekonominya dapat berada pada kisaran 4,7-5,1 persen.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in