Home | Jurnal Medan | Indonesia Harus Jadi Pemenang dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Indonesia Harus Jadi Pemenang dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan, Indonesia harus mampu jadi pemenang dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), walau kenyataannya kondisi masyarakatnya belum siap. Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi (Menakertrans), Hanif Dhakiri mengatakan, bahwa mau tidak mau, suka tidak suka, Indonesia harus menjadi pemenang dalam menghadapi MEA. Oleh karenanya ia mengajak dan mengimbau agar semua pihak bahu-membahu, melakukan gerakan bersama secara nasional untuk berkontribusi agar tenaga kerja yang sangat banyak jumlahnya saat ini, dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menteri Ketenagakerjaan pun meminta semua pihak mempersiapkan diri baik berupa skill maupun kompetensi guna menghadapi persaingan bebas ASEAN (MEA) yang akan berlaku akhir tahun 2015. Kesiapan sumber daya manusia (SDM) angkatan kerja Indonesia ini dinilai sangat penting agar Indonesia mampu menjadi pemenang dalam kompetisi MEA.
Salah satu cara yang bisa dilakukan agar Indonesia benar-benar siap menghadapi MEA adalah dengan meningkatkan daya saing di berbagai bidang. Selain itu juga harus ditingkatkan kualitas pelatihan guna meningkatkan kompetensi dan daya saing SDM Indonesia.

Menteri Tenaga Kerjapun mengakui, bahwa masih perlu dilakukan percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan segera diberlakukan.Selain peningkatan kompetensi, pemerintah juga mendorong dilakukannya percepatan sertifikasi profesi terutama dari sektor-sektor prioritas. Dan diakui Menaker, bahwa pelaksanaan MEA dapat menimbulkan dampak negatif terhadap dunia ketenagakerjaan di Indonesia, jika tenaga kerja yang ada tidak menyiapkan kompetensinya dengan baik.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in