Home | Jurnal Medan | Dongkrak Pemilih, Petugas KPPS Tampil Unik

Dongkrak Pemilih, Petugas KPPS Tampil Unik

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Tingkat partisipasi pemilih rendah, sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Medan gelar penyelenggaran pesta demokrasi pemilihan kepala daerah dengan memakai pakaian unik untuk menarik warga agar mau mencoblos.

Sejumlah TPS di Kota Medan yang unik, diantaranya terlihat di TPS 12 Jalan Jamin Gining Kelurahan Kwala Berkala Kecamatan Medan Johor, para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) nya memakai pakaian adat khas Karo. Kemudian di TPS 16 Kelurahan Harjosari 2 Kecamatan Medan Amplas menggunakan teluk belanga lengkap dengan tombak serta tengkuluk untuk prianya, sedangkan petugas wanitanya memakai baju khas melayu. Lalu di TPS 10 Kelurahan Tanjung Deli Lingkungan 7 Kecamatan Medan Amplas para petugas KPPS yang pria semua, memakai baju bola berikut sepatu dan bola yang digantung di pintu masuk TPS. Lainnya juga ada TPS yang menghadirkan barongsai di TPS 9 Lingkungan 12 Kecamatan Medan Area.

Kepala Camat Medan Amplas, Zulfahrai Ahmadi mengatakan, TPS unik dihadirkan guna mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih. Sebab dari Pilkada tahun-tahun sebelumnya, di Kecamatan Medan Amplas tingkat partisipasi warga sangat rendah dalam mencoblos.

Tercatat di Kecamatan Medan Amplas, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ada sebanyak 120.150 jiwa dengan jumlab TPS sebanyak 175 dan tersebar di 7 kelurahan Medan Amplas.

Sementara itu, pelaksanaan Pilkada di Kota Medan terpantau lancar hingga saat ini, meski terlihat di sejumlah TPS cenderung sepi dengan kunjungan masyarakat yang akan mencoblos. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in