Home | Jurnal Medan | Kasus Kaki Gajah di Sumut Bagai Fenomena Gunung Es

Kasus Kaki Gajah di Sumut Bagai Fenomena Gunung Es

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Dinas Kesehatan Sumut mencatat angka penderita penyakit kaki gajah di provinsi ini hingga Nopember 2015 sebanyak 26 kasus, lebih tinggi bila dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 12 kasus.

Penanggung Jawab Program Kaki Gajah Dinkes Sumut, Junita mengatakan, dari 26 kasus yang tercatat di tahun ini, paling banyak berada di Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 11 kasus, lalu di Nias Barat 7 kasus dan di Medan 3 kasus.

Kasus kaki gajah yang ada di Sumatera Utara pun diakui Junita bagai fenomena gunung es. Dimana kasus yang ketahuan masih yang di permukaan saja. Artinya masih banyak kasus (penderita), namun tidak ketahuan (terdeteksi) karena tingkat pemahaman masyarakat yang masih rendah.

Penyakit Kaki Gajah (Filariasis), merupakan golongan  penyakit menular yang mengenai saluran dan kelenjar limfe. Disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap, berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik pada perempuan maupun laki-laki.

Jumlah penderita penyakit kaki gajah atau filariasis di Indonesia mulai menghawatirkan. Sebab ada sekitat 105 juta penduduk tanah air rentan terserang penyakit tersebut. Penyakit Kaki Gajah umumnya banyak terdapat pada wilayah tropis. Saat ini Filariasis masih menjadi endemi di 241 kabupaten/kota di Indonesia. Dimana 46 di antaranya telah melaksanakan Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) Filariasis selama 5 tahun.

Kepada masyarakat diharapkan untuk tidak mengucilkan penderita kaki gajah karena penyakit itu bisa dicegah yaitu melalui minum obat dan memelihara kesehatan lingkungan seperti memberantas sarang-sarang nyamuk. Lalu pemberantasan nyamuk di wilayah masing-masing sangatlah penting untuk memutus mata rantai penularan penyakit ini. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in