Home | Jurnal Medan | Pemprovsu Realistis Tetapkan Target Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Pemprovsu Realistis Tetapkan Target Pendapatan Asli Daerah (PAD)

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengaku akan menetapkan target besaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2016 sesuai dengan kemampuan dalam pencapaiannya. Sebab sejak beberapa tahun terakhir, angka realisasi PAD yang dicapai tidak capai target.
Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengatakan, PAD tahun 2016 yang saat ini masih dalam penggodokan di DPRD Sumut, proporsinya akan benar-benar disesuaikan dengan kemampuan besaran yang bisa dicapai.

Menurut Erry, bahwa besaran angka RAPBD di Sumut yang ditetapkan cenderung terlalu besar dari angka kemampuan yang bisa di capai. Berdasarkan data yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Hasban Ritonga di nota keuangan APBD 2015 dalam rapat paripurna DPRD Sumut akhir pekan lalu, bahwa terjadi penurunan pendapatan daerah dalam APBD 2015 sebanyak Rp222,526 miliar. Penurunan tersebut menyebabkan penerima daerah pada tahun 2015 hanya mencapai Rp8,452 triliun.
 
Sedangkan dalam pengajuan yang disetujuan menjadi APBD 2015, penerimaan daerah tersebut ditargetkan mencapai Rp8,674 triliun. Penurunan itu terjadi pada kelompok Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang semula ditargetkan Rp5,257 triliun menjadi Rp4,623 triliun atau kurang sebanyak Rp634 miliar lebih. 
Kemudian, penurunan juga dialami pada Dana Perimbangan yang awalnya ditargetkan Rp1,838 triliun, tetapi hanya terealisasi Rp1,712 triliun. Peningkatan hanya terjadi pada penerimaan dari kelompok Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah yakni Rp2,115 triliun, sedangkan jumlah yang ditargetkan Rp1,578 triliun.

Penurunan PAD itu terjadi pada pendapatan pajak daerah, retribusi daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah. Hanya kelompok lain-lain PAD yang sah yang mengalami kenaikan. (Yuni)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in