Home | Jurnal Medan | Lantamal I Belawan Akan Menambah Armada Kapal Cepat

Lantamal I Belawan Akan Menambah Armada Kapal Cepat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan pada tahun depan akan menambah dua alat utama sistem pertahanan (Alutsista) berupa armada kapal cepat untuk memperkuat sistem pertahanan di laut. Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama (Laksma) TNI, Yudo Margono mengatakan, dua jenis kapal laut yang akan ditambah yakni kapal cepat combet boat. Nantinya kapal tersebut akan ditempatkan di wilayah perairan Selat Malaka yang rawan disusupi kapal asing atau upaya penyelundupan barang-barang ilegal.

Menurut Danlantamal, bahwa yang utama dalam sistem pertahanan Angkata Laut adalah armada persenjataan kapal. Sebab untuk kemampuan personil hanya perlu peningkatan dalam hal keahlian lewat pelatihan.

Alutsista yang berteknologi tinggi dan memiliki daya tangkal yang tinggi sangat penting. Sebab kekuatan pertahanan maritim merupakan salah satu pilar poros maritim dunia. Sedangkan kondisi alutsista yang tergabung dalam sistem senjata armada terpadu saat ini belum sepenuhnya mampu untuk melaksanakan tugas penegakan kedaulatan negara di laut secara optimal karena banyak alutsista TNI AL yang berumur tua dan tertinggal teknologi maupun persenjataannya.

Penambahan dua armada kapal tersebut merupakan bagian dalam pencapaian minimum essential force. Sedangkan untuk KRI yang secara teknis dan operasional tidak layak untuk dipertahankan akan dilaksankan penghapusan secara bertahap sesuai skala prioritas dalam rangka efektifitas anggaran. (yuni)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in