Home | Jurnal Medan | Kewajiban SNI, Apindo Minta Kemendag Kaji Ulang

Kewajiban SNI, Apindo Minta Kemendag Kaji Ulang

By
Font size: Decrease font Enlarge font


Pelaku usaha di Sumatera Utara mengaku keberatan dengan kebijakan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan yang mewajibkan label Standar Nasional Indonesia (SNI) terhadap pakaian jadi dan handuk. Sebab kewajiban tersebut dianggap lebih tepat bila dibebankan ke pelaku industri konveksi.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Laksamana Adiyaksa menganggap, kebijakan pemerintah tersebut secara tidak langsung akan mematikan industri kecil dalam negeri. Hal ini karena biaya selama proses sertifikasi sangat mahal. Biaya yang mahal tersebut, akan sangat mudah dijangkau oleh industri konfeksi besar, namun akan sangat sulit bagi industri menengah dan kecil.

Menurut Laksamana, kebijakan tersebut dipastikan bakal membuat industri kecil sulit berkembang dan perlahan-lahan akan bangkrut. Apalagi setiap model produk pakaian selalu cepat kadaluwarsa.

Selain itu, kebijakan ini juga berpotensi terjadi permainan di lapangan. Akan ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan regulasi itu untuk merazia, menindak dan memeras pelaku usaha. Hal ini bertolak belakang dengan program pemerintah yang ingin membangkitkan industri dalam negeri, khususnya industri kecil.

Pihaknya mengusulkan, jika pemerintah tetap ngotot memberlakukan SNI wajib untuk pakaian, seharusnya bahan baku pakaian yang dikenai aturan itu. Jika bahan baku telah bersertifikat SNI, secara tidak langsung produk pakaian yang dihasilkan telah memenuhi standar, khususnya kriteria dari aspek kesehatan.

Sementara, jika pemerintah ingin melindungi industri dalam negeri dari produk impor, pakaian impor itu saja yang dikenakan aturan wajib SNI. Dalam hal ini, pemerintah mengukur pakaian impor yang masuk dengan standar yang berlaku di Indonesia. Jika di negara asal pakaian itu telah memiliki standar, maka perlu dilakukan kesetaraan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in