Home | Jurnal Medan | Pabrik Unilever Senilai Investasi Rp2 Triliun Beroperasi

Pabrik Unilever Senilai Investasi Rp2 Triliun Beroperasi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Unilever meresmikan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Simalungun, Sumatera Utara, kemarin. Pabrik yang dikelola sepenuhnya oleh PT Unilever Oleochemical Indonesia yang merupakan anak perusahaan Unilever NV ini diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Chief Executive Officer Unilever, Paul Polman.

Berdasarkan informasi dari Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Sekretaris Dewan Nasional KEK Menko Perekonomian, Bambang Wijanarko mengatakan, dengan nilai investasi sebesar 2 triliun rupiah, PT Unilever Oleochemical Indonesia merupakan investor pertama di KEK Sei Mangkei. Pabrik dengan kapasitas 200,000 ton per tahun ini mengolah bahan baku berbahan dasar kelapa sawit atau crude palm kernel oil (CPKO) menjadi fatty acid, glicerine dan soap noodle untuk nantinya digunakan dalam pembuatan produk-produk konsumen terutama sabun, shampo dan detergen. Sebanyak 85% dari produknya akan diekspor.

Kehadiran pabrik ini  diharapkan dapat membantu pemerintah menumbuhkan perekonomian di luar Jawa serta mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah di kawasan tersebut. Selain membuka lapangan kerja, keberadaan pabrik Unilever Oleochemical Indonesia ini membuka peluang bagi para petani kecil untuk menjadi pemasok Unilever, mendukung peningkatan produktivitas perkebunan dan meningkatkan pendapatan penduduk setempat. Sejak pembangunan awal, UOI telah menyerap 600 tenaga kerja langsung dan 2000 tenaga kerja tidak langsung. UOI bekerjasama dengan PTPN III dan IDH untuk membantu para petani kecil meningkatkan hasil panen mereka, yang berarti peningkatan pendapatan dari penanaman sawit. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in