Home | Jurnal Medan | 2 Jam Bersitegang, Gas Industri Akhirnya Diturunkan

2 Jam Bersitegang, Gas Industri Akhirnya Diturunkan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perusahaan penyalur gas akhirnya secara koorporasi bersepakat menurunkan harga gas industri per 10 Desember 2015 di Sumatera Utara. Meski hanya turun beberapa basis point, namun penurunan tersebut dianggap sudah cukup membantu pelaku usaha yang tercekik dengan harga yang dianggap tidak ekonomis.

Anggota Komite II DPD RI, Parlindungan Purba mengatakan, setelah dilakukan diskusi dengan Sekretaris Presiden RI, juga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) selama lebih kurang dua jam, disepakati PT Pertamina Gas (Pertagas) menurunkan harga jual gasnya sebesar USD1,09 dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menurunkan USD0,55. Dengan harga jual sebesar 12,22 juta perstandar kaki kubik perhari atau milion british terminal unit (MMBTU), dari harga sebelumnya USD13,86 MMBTU.

Selain itu, sesuai dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) tentang kebijakan harga gas bumi, per 1 Januari 2016 harga jual gas ke industri sebesar USD11,22 juta perstandar kaki kubik perhari.

Pada pertemuan yang digelar kemarin siang dengan Perusahaan Pengguna Gas di Sumut serta pelaku kepentingan lainnya, Parlindungan mengaku bahwa hasil dari pertemuan akan ditindaklanjuti dibawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Sekretaris Wakil Presiden dengan melibatkan Pemprov Sumut dan Komite II DPD RI.

Sedangkan DPD RI sendiri mengusulkan upaya efisiensi di lini-lini produksi yang masih memungkinkan, antara lain dengan menyatukan sumber pasokan gas yang bersumber dari LNG maupun gas pipa kepada Pertamina, atau novasi kontrak perjanjian jual beli gas (PJBG) dari Pertamina EP (Eksplorasi dan Produksi) ke Pertamina, serta pemanfaatan jaringan pipa gas distribusi oleh beberapa badan usaha. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in