Home | Jurnal Medan | Belum Ada LKM Berijin, OJK Gandeng Pemda

Belum Ada LKM Berijin, OJK Gandeng Pemda

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kantor Regional 5 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) siap menggandeng pemerintah daerah Sumatra Utara untuk menyasar lembaga keuangan mikro (LKM) yang belum memperoleh izin.

Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumatera Ahmad Soekro Tratmono mengatakan, hingga Oktober 2015, belum ada LKM yang memperoleh izin dari kantor regional. Untuk mendorong LKM memperoleh izin, maka pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah daerah.

Soekro mengatakan sempat ada satu LKM yang mengajukan permohonan untuk memperoleh izin, akan tetapi karena ada berkas-berkas yang belum dilengkapi, jadi otoritas meminta lembaga tersebut untuk melengkapi syarat administrasi.

Terkait penghimpunan dana, kata Soekro, bisa saja bila koperasi hendak menjadi LKM. Adapun koperasi adalah lembaga yang menghimpun dana dari anggota yang terdaftar, akan tetapi jika koperasi mencari dana dari calong anggota atau masyarakat maka hal tersebut tidak diperbolehkan, sebab tak sesuai dengan Undang-Undang Koperasi.

Soekro menegaskan agar koperasi tidak menghimpun dana dari  masyarakat. Namun, bila hal itu terjadi, maka koperasi tersebut harus memiliki izin LKM. Dia mengungkapkan kendala yang sering terjadi adalah dalam proses melengkapi dokumen oleh LKM yang meminta izin cenderung lama.

Dia mengungkapkan untuk Provinsi Jawa Tengah telah ada  delapan LKM yang memperoleh izin. Adapun, tenggat waktu yang ditetapkan OJK untuk pengurusan izin bagi LKM diberikan sampai 8 Januari 2016. Setelahnya, jika ditemukan LKM beroperasi tanpa izin akan diberikan sanksi. (rw)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in