Home | Jurnal Medan | BI Rate Tetap 7,5 Persen, Rupiah Harapannya Menguat

BI Rate Tetap 7,5 Persen, Rupiah Harapannya Menguat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pada akhirnya Bank Indonesia menetapkan besaran suku bunga acuan tidak berubah dari posisi sebelumnya di level 7.5 persen.

Menurut Analis Danareksa Medan, Gunawan Benjamin. Bahwa kebijakan BI ini sesuai dengan ekspektasi ekonom sebelumnya yang memperkirakan bahwa suku bunga tidak akan mengalami perubahan. Ia menilai kekuatiran yang paling besar jika suku bunga diturunkan adalah adanya tekanan pada nilai tukar Rupiah.

Menurutnya, bahwa rupiah diperkirakan akan kembali terpuruk jika BI menurunkan bunga acuannya. Walaupun itu sifatnya masih kemungkinan, namun BI sepertinya tidak mau mengambil resiko dengan menurunkan suku bunga acuannya. Melihat perkembangan Rupiah yang sedikit melemah awal pekan ini di kisaran level Rp13.800 per US Dollar, menunjukan kekhawatiran tersendiri.

Gunawan juga melihat bahwa potensi suku bunga acuan atau BI rate turun tetap terbuka. Menurut perkiraannya, kebijakan menurunkan suku bunga acuan akan dilakukan setelah Bank Sentral AS memastikan menaikkan suku bunganya. Berarti jika The Fed menaikkannya di Desember, maka potensi BI Rate diturunkan setelah kebijakan tersebut diputuskan.

"Artinya kepastian tekanan terhadap pasar keuangan kita khususnya rupiah yang menjadi fokus perhatian. Tentunya kita akan melihat terlebih dahulu bagaimana respon Rupiah jika bunga acuan The FED naik. Setelah itu baru bisa dinilai seberapa jauh kebijakan tersebut mempengaruhi rupiah," jelasnya, Selasa (17/11) sore.

Kemudian bila mengacu kepada laju tekanan inflasi nasional. Sebenarnya inflasi sudah cukup baik terkendali dan bahkan sangat mungkin di 2015 ini di bawah target 4.5% + 1%. Artinya ekonomi makro membutuhkan respon penyesuaian besaran suku bunga, mengingat inflasi yang rendah. Dan Gunawan meyakini dunia usaha maupun pemerintah menginginkan hal yang serupa. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in