Home | Jurnal Medan | Baru 6 Kabupaten/Kota di Sumut Terapkan PATEN

Baru 6 Kabupaten/Kota di Sumut Terapkan PATEN

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengharapkan kepada masing-masing kabupaten/kota untuk segera menerapkan Program Administrasi Terpadu (PATEN), sehingga untuk urusan perijinan usaha dalam skala kecil dapat dilakukan di tingkat kecamatan, guna mempermudah proses perijinan. Sebab saat ini baru enam kab/kota yang menerapkan PATEN.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara - Tengku Erry Nuradi mengatakan, bila izin dilakukan melalui kantor camat maka masyarakat tidak perlu mendatangi bupati untuk mengurus izin. Melalui realisasi pelayanan satu atap di kecamatan, dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat yang berprofesi sebagai pelaku UMKM bisa meraih izin usaha mikro dan kecil (IUMK). Saat ini, Pemerintah Provinsi Sumut terus mendorong 28 kabupaten/kota untuk melaksanakan PATEN guna memberi kemudahan kepada masyarakat.

Erry mengungkapkan pelaku UMKM yang meraih kartu IUMK akan lebih mudah meraih pembiayaan dari perbankan untuk memperkuat permodalan. Adapun Kota Medan, Kabupaten Batubara, Langkat, Padang Lawas, Sergei dan Pakpak Barat merupakan enam kabupatan/ kota yang saat ini baru melaksanakan PATEN.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara bahwa sampai dengan Desember 2014 ada 12.273 unit koperasi, 1.570.510 unit usaha mikro, 762642 usaha kecil dan 200.742 unit usaha menengah. Dari data yang ada tentunya banyak produk-produk unggulan yang dapat dipasarkan.Yuni

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in