Home | Jurnal Medan | Angka Kepesertaan Masyarakat dalam Jaminan Pensiun Meningkat 276 persen.

Angka Kepesertaan Masyarakat dalam Jaminan Pensiun Meningkat 276 persen.

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencatat, angka kepesertaan masyarakat dalam jaminan pensiun meningkat 276 persen. Dimana dari target 76 ribu peserta, justru sudah mencapai 208 ribu peserta.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) - Edy Syahrial mengatakan, sejak diluncurkan pada 1 juli 2015 lalu, program jaminan pensiun yang kepesertaannya tidak hanya bisa bagi pekerja formal, namun juga informal, tingkat antusias masyarakat untuk mendaftar terbilang tinggi.

Tercatat secara total, jumlah tenaga kerja informal yang masuk dalam program jaminan pensiun hingga Oktober 2015 sudah mencapai 52.379 orang dengan peserta jasa konstruksi 1,2 juta dan jumlah proyek 15.700 proyek. Sedangkan perusahaan yang sudah mendaftarkan karyawannya sebanyak 13.845 perusahaan dan peserta tenaga kerja asing mencapai 704 ribu peserta.

Jumlah peserta program pensiun secara nasional mencapai 5,1 juta peserta atau mencapai 200 persaen dari target yang ditetapkan sekitar 2,5 juta peserta. Pada tahun depan diharapkan 80 persen dari setiap peserta BPJS akan masuk dalam program pensiun, karena program ini lebih diutamakan bagi peserta perusahaan kelas besar dan menengah. BPJS mengaku masih akan fokusa menjaring peserta dari tenaga kerja formal dan informal seperti PKL, tukang becak, ojek dan lainnya.(Yuni)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in