Home | Jurnal Medan | Hampir Semua Kabupaten/Kota di Sumut Nunggak Raskin Berjalan

Hampir Semua Kabupaten/Kota di Sumut Nunggak Raskin Berjalan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Urusan Logistik (Bulog) mencatat, saat ini hampir semua kabupaten/kota di Provinsi Sumateta Utara mempunyai tunggakan raskin berjalan. Hanya 14 kabupaten/kota yang menyalurkan raskin dan melunasi pembayaran raskin secara lancar.

Kepala Perum Bulog Divre Sumut - Fasika Khaerul Zaman mengatakan, hampir semua kabupaten/kota mempunyai tunggakan raskin berjalan, kecuali Kabupaten Nias Selatan, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Utara dan Nias Barat. Sedangkan kabupaten Langkat, Tapanuli Tengah dan Mandailing Natal yang sejak 2014 belum menyelesaikan tunggakan raskin.

Dia merinci, pada tahun berjalan ini terdapat tunggakan Rp24 miliar. Ini belum ditambah dengan tunggakan daerah untuk pembayaran raskin pada tahun lalu. Bulog pun saat ini bersama Sekda Pemprov Sumut mengusahakan percepatan pembayaran tersebut. Dengan tujuan penyaluran ke masyarakat tidak terabaikan.

Fasika menjelaskan, penunggakan pembayaran terjadi, terutama disebabkan oleh oknum satuan kerja (satker) yang melakukan penyelewengan. Bulog pun sudah melakukan pengecekan langsung di lapangan, bila benar terjadi penyelewengan akan dilakukan pelaporan secara perdata. Bila terbukti perbuatan melawan hukum, akan diproses lebih lanjut. Saat ini baru ketahuan di Langkat, yang terbukti ada satu orang oknum terbukti melakukan penyelewengan raskin. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in