Home | Jurnal Medan | Sumatera Utara Mengalami Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi

Sumatera Utara Mengalami Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi

Badan Pusat Statistik mencatat Sumatera Utara terus mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi. Pada kuartal III/2015, laju pertumbuhan hanya 5,08 persen secara year on year atau terburuk dalam enam tahun terakhir.

 

Kepala Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Sumut Ateng Hartono mengatakan, sejak 2010 pertumbuhan ekonomi Sumut tertinggi terjadi pada kuartal III/2011 yakni hingga 7,07 persen, namun setelah 2011 pertumbuhan ekonomi terus melorot. Sedangkan dalam struktur ekonomi Sumut, pertumbuhan ekonomi masih ditopang tiga sektor utama yakni pertanian, kehutanan dan perikanan, lalu industri pengolahan serta perdagangan besar eceran dan reparasi mobil, sepeda motor

Sementara itu Kepala Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumut - Difi Ahmad Johansyah mengatakan, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,08 persen masih berada pada kisaran proyeksi dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumut. Berdasarkan perkiraan  pertumbuhan ekonomi Sumut pada semester II/2015 akan lebih rendah dibandingkan dengan semester sebelumnya.

Pengamat Ekonomi Sumut – Gunawan Benjamin menuturkan, dengan pertumbuhan yang masih dikisaran 5%, masih akan sulit untuk menjadi motor dalam menekan angka pengangguran ataupun kemiskinan. Sebab menurutnya setidaknya membutuhkan pertumbuhan 6.7 persen setiap tahun, agar mampu menyerap tenaga kerja secara lebih optimal. Namun Gunawan berpendapat bahwa Sumut memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang bisa mencapai 7 persen. Syaratnya infrastruktur harus memadai, investasi cukup dan regulasi ataupun birokrasi di Sumut lebih efisien.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in