Home | Jurnal Medan | Pasien Suspect Ebola Rumah Adam Malik Medan Meninggal Dunia

Pasien Suspect Ebola Rumah Adam Malik Medan Meninggal Dunia

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Setelah mendapatkan perawatan insentif selama 2 hari di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, NN, warga Tanjung Morawa – Deli Serdang yang menjadi pasien suspect ebola akhirnya meninggal dunia. Untuk sementara, tim dokter yang menangani pasien tersebut, mendiagnosa kematian NN akibat Malaria berat yang dialaminya.

Ahli penyakit dalam RSUP Adam Malik - dr Yosia Ginting mengatakan, untuk mempermudah identifikasi, tim doker telah mengirimkan sampel darah pasien yang baru sepekan pulang dari Afrika tersebut ke Kementerian Kesehatan di Jakarta. Sample darah dikirimkan secara berkala sejak Minggu hingga selasa malam kemarin. Diharapkan hasil pemeriksaan dari sample darah tersebut bisa didapat sebelum pekan depan.

Yosia menjelaskan, saat ini NN meninggal dunia karena didiagnosa mengalami malaria berat. Diagnosa tersebut didasarkan pada ciri-ciri fisiknya, seperti matanya menguning dan hati serta limpa yang membesar. Sementara itu dari hasil pemeriksaan, tim dokter juga menemukan adanya gangguan fungsi ginjal serta infeksi di paru-paru pasien tersebut sebelum meninggal dunia.

NN sendiri merupakan karyawan perusahaan makanan Indonesia yang telah 4 tahun bekerja di Nigeria. ia pulang dari Nigeria dan tiba di Indonesia melalui Bandara Kuala Namu, Deli Serdang pada 27 Agustus 2014. Sesampainya di Medan ini, ia mengalami sakit kepala hebat dan tidak enak badan. Sehari kemudian, ia pergi ke kebun sawit miliknya daerah Pasaman – Sumatera Barat dan saat pulang pada 3 September lalu, ia mengalami demam tinggi hingga menggigil dan kemudian dirawat di RSU Haji Medan. Ia menjalani rawat inap selama semalam dan dipindahkan ke RSU Lubuk Pakam, sebelum akhrnya dirujuk ke RSUP Adam Malik, dan meninggal dunia pada selasa malam . -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in