Home | Jurnal Medan | Jumlah Kunjungan Wisman Ke Sumut Tumbuh Hampir 10 Persen

Jumlah Kunjungan Wisman Ke Sumut Tumbuh Hampir 10 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Sumatera Utara, pada periode Januari-Juni 2014, tercatat tumbuh hampir 10 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini disinyalir terjadi seiring dibukanya sejumlah rute internasional baru dari Bandara Internasional Kuala Namu.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara, mencatat terjadinya pertumbuhan sekitar 10 persen terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara. Dari sekitar 141 ribu orang pada Januari-Juli 2013, menjadi hampir 150 ribu orang pada Januari-Juli 2014.

Kepala BPS Sumut, Wien Kusdiatmono mengatakan, pertumbuhan jumlah wisman ini, disinyalir terjadi seiring mudah dan semakin mudahnya para wisatawa mancanegara untuk datang ke Sumut, sehubungan dengan telah dibukanya rute-rute penerbangan internasional baru, dari dan ke Sumatera Utara, melalui Bandara Internasional Kuala Namu. Kondisi itu terlihat dari penambahan sekitar 6 ribu orang wisman yang masuk dari bandara kualanamu. Atau sekitar 5 persen terhadap jumlah kunjungan wisman melalui pintu masuk tersebut, pada periode Januari-Juli 2014 lalu.

Peningkatan jumlah wisatawan mancanegara ini, berbanding lurus dengan okupansi hotel pada Januari-Juli 2014. Dimana tingkat okupansinya naik tipis menjadi 1,59 hari pada bulan Juli lalu.-Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in