Home | Jurnal Medan | Penggunaan APMK Berkontribusi 6 Miliar Dollar Terhadap PDB Nasional

Penggunaan APMK Berkontribusi 6 Miliar Dollar Terhadap PDB Nasional

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Transaksi menggunakan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK), telah berkontribusi sekitar 6 miliar dolar terhadap Pendapatan Domestik Bruto Nasional, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Jumlah itu diproyeksikan akan tumbuh lebih besar lagi, seiring masih tingginya potensi pertumbuhan ekonomi nasional.

Upaya pemerintah melalui Bank Indonesia, mendorong penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), ternyata cukup beralasan. Selain untuk memodernisasi sistem pembayaran, ternyata langkah itu juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Presiden Director Visa Worldwide Indonesia Ellyana Fuad mengatakan, berdasarkan hasil riset lembaga Moody's Analitic Amerika serikat, penggunaan APMK ini telah berkontribusi sekitar USD 6 miliar terhadap Product Domestik Bruto (PDB) nasional. Besaran kontribusi tersebut bahkan menjadi besaran terbesar jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Indonesia berada di atas Thailand dan Singapura yang hanya USD 2 miliar - USD 3 miliar. Sementara di Asia Pasifik, Indonesia hanya berada di bawah Australia yang mencapai USD 21 juta, dan berada di atas Hongkong yang hanya USD 3 juta. Ellyana menambahkan, besaran kontribusi tersebut diperkirakan akan semakin membesar di tahun-tahun mendatang. Hal itu dikarenakan, ekonomi Indonesia yang masih sangat prospektif, ditengah masih minimnya penggunaan APMK. Dimana modernisasi transaksi lewat APMK, akan membangun gaya hidup yang modern, serta mendorong pendapatan yang berkorelasi langsung dengan besaran daya beli. Penggunaan APMK juga akan ikut terdorong, karena kemudahan bertransaksi akan mendorong permintaan barang dan jasa.

Secara Global, saat ini penggunaan APMK telah berkontribusi USD 983,9 miliar terhadap PDB. Dimana kontribusi terbesar diberikan oleh 2 negara dengan pengguna kartu kredit terbesar di dunia, yakni Amerika dan China. -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (1 posted)

avatar
В интернете целый ряд позновательных заметок о беременности и роддомах, но они какие-то неконкретные. Недостает наименований перинатальных центров, адресов, советов реальных докторов. А желательно бы увидеть свежую речь, важную в данном году – с новыми технологиями, ценами и новостями.
Безупречно, чтобы вдобавок и позновательная инфа для будущих и настоящих мам. Все это нашла собственно тут. Четко, определенно, с примерами из реальной жизни, консультациями профессионалов. Зачастую захожу на интернет-сайт, когда малыш недомогает.
<a href=http://mamatam.ru/skolko-stoit-mammografiya-v-sankt-peterburge>сколько стоит маммография в спб</a>
total: 1 | displaying: 1 - 1

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in