Home | Jurnal Medan | Singapura Dominasi Impor Sumatera Utara

Singapura Dominasi Impor Sumatera Utara

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Singapura tercatat sebagai negara dengan peran terbesar terhadap impor Sumatera Utara. Negeri singa itu berperan hampir 25 persen terhadap total impor Sumut pada periode Januari-Juli 2014 lalu. Dimana komoditi utama yang diimpor dari negeri tersebut, yakni Bahan Bakar Mineral.

Nilai Impor tercatat sebesar 112 juta dolar lebih pada Juli lalu. Jumlah itu meningkat sekitar 11 persen jika dibandingkan Juni sebelumnya. Sementara dalam neraca berjalan Januari-Juli 2014, impor Sumut dari negeri singa telah mencapai 732 juta dolar, atau meningkat sekitar 26 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kepala BPS Sumatera Utara, Wien Kusdiatmono mengatakan, dengan volume impor sebesar itu, Singapura menjadi negara asal impor yang berperan paling besar terhadap total impor Sumut, dimana nilainya hampir seperempat kali dari total impor pada periode Januari-Juli 2014, yang mencapai 2,5 miliar dolar. Ironisnya, peningkatan importasi dari Singapura ini, terjadi ditengah menurunnya volume impor Sumut. Hal itu dikarenakan oleh terus meningkatnya importasi bahan bakar mineral, yang menjadi komoditi utama, yang diimpor dari negeri tersebut. Pada Januari-Juli 2014, importasi BBM dari negeri itu meningkat hingga 892 juta dolar, atau sekitar 2 persen dari periode Januari-Juli 2013.

Selain Singapura, negara asal Impor yang juga memiliki peran cukup besar terhadap total impor Sumut, adalah Tiongkok dan Malaysia. Total impor dari Tiongkok mencapai 474 juta dolar, atau sekitar 16 persen dari total impor Sumut. Sementara Malaysia, dengan nilai mencapai 410 juta dolar, atau sekitar 14 persen dari total impor Sumut. -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in