Home | Jurnal Medan | Kinerja Ekspor Tambang Sumut Tumbuh 112 Persen

Kinerja Ekspor Tambang Sumut Tumbuh 112 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kinerja Ekspor Sumatera Utara tercatat melambat pada periode Januari-Juli 2014. Namun di tengah perlambatan itu, kinerja ekspor sektor pertambangan dapat menujukkan hasil yang prima, dengan mengalami pertumbuhan lebih dari 112 persen.

Kinerja ekspor Sumatera Utara tercatat mengalami perlambatan pada periode Januari-Juli 2014. Dari sekitar 5,6 miliar dolar pada Januari-Juli 2013, menjadi hanya sekitar 5,5 miliar dolar. Perlambatan itu disebabkan merosotnya kinerja ekspor sektor industry dan sektor pertanian, yang menjadi komoditi utama ekspor Sumut. Namun di tengah perlambatan itu, kinerja ekspor sektor pertambangan dan penggalian masih dapat menunjukkan performa yang baik. Sektor ini tumbuh lebih dari 112 persen, dari sekitar 5,3 juta dolar pada Januari-Juli 2013, menjadi sekitar 11,4 juta dolar pada Januari-Juli 2014 lalu.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumatera Utara, Wien Kusdiatmono menjelaskan, pertumbuhan kinerja ekspor ini merupakan dampak langsung atas perbaikan harga komoditi tersebut di pasar internasional. Pertumbuhan ini pun cukup baik untuk Sumatera Utara, yang kini tengah memulai bisnis pertambangan secara serius di sejumlah daerahnya. Namun yang disayangkan, kinerja ekspor pertambangan dan penggalian ini, belum linier dengan kinerja ekspor sektor minyak dan gas, karena mengalami penurunan sangat signifikan, yakni dari 379 ribu dolar pada Januari-Jul 2013, menjadi hanya 74 ribu dolar amerika pada Januari-Juli 2014. -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in