Home | Jurnal Medan | Punya 900 Ha Lahan Tidur, Bank Indonesia Bantu Pertanian Pulau Kampai

Punya 900 Ha Lahan Tidur, Bank Indonesia Bantu Pertanian Pulau Kampai

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia menyalurkan bantuan sarana pertanian senilai 400 juta rupiah kepada masyarakat di Pulau Kampai Kabupaten Langkat. Bantuan tersebut disalurkan, seiring dengan besarnya potensi lahan pertanian di kawasan tersebut.

Pulau Kampai di Kabupaten Langkat, memiliki potensi lahan pertanian hingga 900 hektare. Namun potensi tersebut masih menggaur tanpa ditanami. Hal tersebut terungkap saat Bank Indonesia regional 9 Sumatera Utara - Aceh memberikan bantuan tekhnis kepada Gabungan Kelompok Pertanian Tani Jaya Pulau Kampai. Bantuan yang diberikan Bank Indonesia kepada Gapoktan Tani Jaya Pulau Kampai berupa traktor, hand tractor, sumur bor, semprotan hama dan juga pelatihan kepada para petani dengan nilai sekitar Rp. 400 juta.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Regional 9 Sumut-Aceh, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, bantuan merupakan bentuk dukungan BI dalam pembangunan daerah tertinggal dalam mewujudkan swasembada beras. Selama ini, Indonesia sudah terlalu banyak mengimpor bahan pangan yang dinilai berbahaya untuk perekonomian dalam negeri. Maka dari itu, program dan pembangunan potensi pangan sangat dibutuhkan demi mewujudkan swasembada beras dan mendukung perekonomian rakyat.

Sementara itu, Asisten II Pemprov Sumatera Utara, Sabrina mengatakan, selama ini areal persawahan di pulau Kampai ini hanya berproduksi 1 kali dalam setahun dengan jumlah produksi sekitar 4 ton perhektar. Diharapkan dengan adanya bantuan kepada para petani, maka produksi dapat ditingkatkan hingga 8 ton perhektar dengan masa tanam 2 kali setahun. -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in