Home | Jurnal Medan | Garap Potensi Retail, Visa Tawarkan Program Mobile Payment Bagi Masyarakat Medan

Garap Potensi Retail, Visa Tawarkan Program Mobile Payment Bagi Masyarakat Medan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

VISA selaku perusahaan pembayaran teknologi global terbesar di dunia, kini mulai mengoptimalkan potensi pasar retail Indonesia, dengan meluncurkan aplikasi M-Saku. Lewat aplikasi tersebut, setiap pengguna kartu kredit VISA, dapat melakukan pembelian dari ratusan merchant yang terintegrasi dalam system tersebut. Termasuk pembelian pulsa, seperti yang selama ini bisa dilakukan melalui mesin ATM. VISA juga menawarkan kerjasama kemitraan kepada para pelaku usaha di Medan, untuk ikut bergabung dalam jaringan merchant itu.

President Direktur VISA Indonesia, Ellyana Fuad mengatakan, aplikasi ini disiapkan untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat yang kini semakin dinamis, dan serba digital. Dimana dengan semakin berkembangnya pembayaran elektronik yang ada, maka diharapkan, kegiatan usaha masyarakat akan beroperasi lebih baik dan efisien, hingga memicu kehidupan yang lebih bak.

Penggunaan aplikasi M-Saku ini pada dasarnya sama dengan mesin-mesin kartu kredit yang ada di merchant-merchant eksisting. Bedanya hanyalah bentuknya yang virtual. VISA sendiri menargetkan pemasaran aplikasi ini di 5 kota besar di Indonesia di luar Jakarta, yang memberikan kontribusi 27 persen terhadap seluruh transaksi elektronik di Indonesia, yakni Bandung, Surabaya, Medan, Semarang dan Bali.

Bagi Medan sendiri, pembayaran elektronik M-Saku ini penting, mengingat rata-rata nilai transaksi elektronik yang mencapai 1,1 juta, termasuk yang paling besar di Indonesia, bahkan lebih besar dibandingkan dengan Jakarta dan Bandung, yang hanya sekitar 1 juta rupiah. Selain itu, volume pembayaran menggunakan kartu kredit di Medan telah mencapai 20 persen pertahun, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi, yang hanya sekitar 6 persen. Penerima kartu di Medan juga tumbuh cukup pesat, hingga menyentuh angka 47 persen dalam 2 tahun terakhir. -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in