Home | Jurnal Medan | Pemprov Sumut Bebaskan Pajak Investasi Industri Padat Karya

Pemprov Sumut Bebaskan Pajak Investasi Industri Padat Karya

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, menyatakan kesiapannya memberikan insentif pembebasan pajak kepada para calon investor yang berkomitmen membangun industri padat karya di Sumut. Kesiapan memberikan insentif itu pun ditunjukkan dengan disusunnya perda sebagai instrumen hukumnya.

Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumatera Utara akan membebaskan pajak bagi pemodal atau investor yang akan melemparkan modalnya ke daerah ini. Khususnya terhadap investor yang akan membangun industri padat karya. Kepala BPMP Sumut, Purnama Dewi mengungkapkan, keseriusan pemerintah memberikan insentif tersebut, telah ditunjukkan dengan disahkannya Perda Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal pada pekan lalu. Dalam perda itu, telah diatur kriteria penerima insentif investasi dan besaran pemotongan pajak yang akan diberikan.

Kategori pemberian insentif sendiri, diklasifikasikan berdasarkan skala prioritas pemerintah yang telah disusun dalam peta investasi sumatera utara. Selain insentif berupa keringanan hingga pembebasan pajak dan retribusi daerah, setiap investor nantinya akan diberi insentif berupa kemudahan penyajian data dan informasi, rencana tata ruang dan wilayah, kemudahan perizinan serta fasilitas lainnya berupa penyediaan sarana dan prasarana, jaringan listrik dan gas, jaringan komunikasi hingga akses air bersih.

Purnama Dewi optimistis, dengan pemberian insentif itu, laju investasi di daerah ini dapat didongkrak hingga 2 kali lipat menjadi sekitar Rp.20 triliun pertahun dan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi sumatera utara hingga 8 persen. -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in