Home | Jurnal Medan | Peserta BPJS Malas Bayar Iuran

Peserta BPJS Malas Bayar Iuran

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, menyesalkan masih rendahnya kesadaran masyarakat peserta BPJS Kesehatan Mandiri di Sumatera Utara . Padahal peserta dari jalur segmen mandiri ini diharapkan dapat menutupi belum maksimalnya pembiayaan iuran BPJS Kesehatan, dari APBD .

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, mengklaim program jaminan kesehatan nasional yang mereka kelola, telah mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang mendaftarkan kepesertaan mereka secara mandiri setiap harinya . Namun saat ini pelaksanaan program tersebut mengalami titik yang dilematis, karena banyak masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta, namun tidak patuh melakukan pembayaran iuran yang diwajibkan.

Kepala Bidang Pemasaran dan Kepesertaan BPJS Kesehatan Divisi Regional Sumut – Aceh, Manna Lubis mengatakan, rendahnya kepatuhan masyarakat ini merupakan dampak dari kesalahan informasi yang didapat masyarakat. Saat ini telah terstigma, cukup membayar iuran awal, maka masyarakat berhak mendapatkan pembiayaan kesehatan dari BPJS. Padahal iuran tersebut merupakan kewajiban yang harus dibayarkan peserta, sepanjang hidupnya.

Manna menjelaskan, untuk masyarakat pembayar iuran, pelayanan pembiayaan kesehatan hanya akan diberikan selama 6 bulan sejak terakhir kali peserta membayar kewajiban iurannya. Itu pun dengan terlebih dahulu membayar kewajiban iuran yang tertunggak, ditambah denda keterlambatan pembayaran iuran . -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in