Home | Jurnal Medan | Walhi Desak Pemko Medan Konsisten Terapkan RDTRK

Walhi Desak Pemko Medan Konsisten Terapkan RDTRK

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Utara, meminta pemerintah konsisten menerapkan rencana desain tata ruang kota (RDTRK) yang telah disusun. Konsistensi pemerintah menjadi sangat penting, di tengah kerawanan bencana, khususnya banjir, yang saat ini terus meresahkan warga kota Medan.

Walhi Sumatera Utara meminta Walikota Medan dan jajarannya, konsisten menerapkan rencana desain tata ruang kota yang telah disusun oleh pemerintah. Khususnya terkait penerapan kawasan-kawasan pendukung, yang kini telah banyak beralih fungsi menjadi pemukiman.

Koordinator Walhi Sumut, Kusnadi mengatakan, dengan adanya RDTRK tersebut, pemerintah memiliki dasar hukum untuk kembali merehabilitasi kawasan-kawasan satelit pendukung kestabilan lingkungan kota. Lewat RDTRK itu pula, pemerintah memiliki kerangka acuan, untuk menyiapkan daerah-daerah pendukung baru, guna memantapkan antisipasi bencana, sebagai dampak dari kerusakan lingkungan.

Kusnadi menambahkan, proses rehabilitasi kawasan-kawasan satelit yang kini telah beralifungsi bukan perkara mudah. Namun pemerintah sebagai otoritas yang telah diberikan kewenangan oleh undang-undang, harus berani mengeluarkan kebijakan tidak populer untuk mengembalikan fungsi-fungsi kawasan tersebut, termasuk menyiapkan anggaran, untuk membeli kawasan-kawasan baru serta pelengkap kawasan-kawasan yang telah beralihfungsi tersebut . -Aulia Siregar-

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in