Home | Jurnal Medan | Hanya 41% Kebun Kelapa Sawit Indonesia Dikuasai Rakyat

Hanya 41% Kebun Kelapa Sawit Indonesia Dikuasai Rakyat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), luas perkebunan sawit di seluruh Indonesia saat ini mencapai 9,2 juta hektare. Dimana sekitar 4,7 juta ha diantaranya dikuasai korporasi, 0,7 juta ha dikuasai perkebunan pemerintah. Sementara perkebunan rakyat hanya sekitar 41 persen, atau seluas 3,8 juta ha.

Head of CSR/CSV PT Asian Agri, Rafmen mengatakan, total 3,8 juta perkebunan rakyat itu, sekitar 1,6 juta diantaranya masih diperjuangkan sendiri oleh rakyat. Hingga hari ini baru 2,3 juta ha lahan yang telah menjadi kebun swadaya dengan perkebunan swasta maupun pemerintah. Kondisi perkebunan rakyat itu pun terbilang cukup mengkhawatirkan, karena produktifitasnya masih rendah, dan cenderung terjebak pada sejumlah persolan produksi yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Seperti minimnya pengetahuan tahu tata cara tanam dan panen yang baik, persoalan bibit dan pupuk yang terbatas, serta belum adanya organisasi pertanian.

Melihat kondisi itu, Rafmen mengaku perlu peran besar dari sektor swasta, untuk membantu perkebunan rakyat tersebut. Salah satunya dengan melaksanakan program pembinaan petani swadaya, dengan skema saling menguntungkan antara perusahaan dan petani. Apalagi saat ini tuntutan akan tata produksi yang baik, produktifitas, serta legalitas sumber TBS, menjadi salah satu konsentrasi industri kelapa sawit nasional. Asian Agri sendiri kini sudah memiliki 8544 ha lahan perkebunan swadaya. Jumlah itu targetkan dapat terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan Asian Agri menargetkan pertambahan hingga 20 ribu ha lahan perkebunan swadaya hingga 2016 mendatang. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in