Home | Jurnal Medan | 2 SKPD di Kota Medan Masih Berstatus Zona Merah

2 SKPD di Kota Medan Masih Berstatus Zona Merah

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Ombudsman Sumatera Utara malansir, bahwa masih terdapat dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Medan yang berstatus zona merah, karena atributisasi pelayanannya masih rendah. Dua SKPD tersebut yakni Dinas Kesehatan (Dinskes) dan Dinas Sosial dan Ketenaga Kerjaan (Dinsosnaker).

Ketua Ombudsman Wilayah Sumut, Abyadi Siregar mengatakan, ada lima SKPD yang masuk dalam zona pemantauan, yakni Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB), Dinas Kebersihan, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial dan Ketenaga Kerjaan (Dinsosnaker). Dari kelima SKPD yang masuk pemantauan pada 2013 lalu, hanya dua SKPD saja yang berzona hijau, sementara sisanya berzona merah. Namun saat ini, setelah dilakukan bimbingan tekhnis pada Mei 2014 lalu ke masing-masing pimpinan SKPD, mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki pelayanan, hasilnya cukup menggembirakan, karena kini hanya tinggal dua SKPD saja yang berstatus zona merah.

Abyadi turut menuturkan, bahwa mengikuti undang-undang (UU) nomor 25 tahun 2009, terdapat beberapa variabel kewajiban yang mesti dilengkapi masing-masing SKPD dalam hal pelayanan, diantaranya kelengkapan atributisasi petunjuk (tata cara) pengurusan, pembayaran dan sebagainya, sehingga memudahkan masyarakat dalam hal mendapat informasi yang dibutuhkan. Pemantauan yang dilaksakan ombudsmen sendiri, tidak meliputi indeks kepuasan konsumen. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in