Home | Jurnal Medan | Tingkat Keyakinan Konsumen di Level Optimis

Tingkat Keyakinan Konsumen di Level Optimis

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia mencatat, tingkat keyakinan konsumen di Kota Medan pada Mei 2014 berada di level optimis. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai indeks keryakinan konsumen (IKK) sebesar 122,64, menguat 1,21 poin dari 121,43 pada April 2014. Faktor utama pendorong keyakinan konsumen pada Mei, meningkatnya ekspektasi kenaikan penghasilan pada 6 bulan mendatangan, dan meningkatnya optimisme terhadap ketersediaan lapangan kerja.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut dan Aceh, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, kenaikan optimisme konsumen pada Mei dijelaskan dari perkembangan indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE) dan indeks ekspektasi konsumen (IEK) yang merupakan komponen pembentuk indeksi keyakinan konsumen (IKK). IKE naik 1,24 poin, dari 114,72 pada bulan sebelumnya menjadi 115,92 pada Mei. Kenaikan tersebut terjadi untuk setiap komponen pembentuk IKE, dimana komponen ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini meningkat paling signifikan sebesar 1,96 poin, walau sempat menurun ke level pesimis di bulan Maret.

Selanjutnya IEK juga menguat sebesar 1,18 poin, dari 128,14 pada bulan sebelumnya menjadi 129,32 pada Mei. Seluruh indeks pembentuk IEK memiliki nilai Balance Score (BS) di atas 100. Hal ini memperlihatkan bahwa konsumen masih optimis terhadap kondisi ekonomi ke depan, walau besarnya optimisme konsumen terhadap kondisi usaha dan ketersediaan lapangan pekerjaan untuk 6 bulan mendatang relatif lebih kecil dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Naiknya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, terutama didorong dari keyakinan konsumen akan adanya kenaikan penghasilan pada 6 bulan mendatang, yang salah satunya disebabkan oleh penerimaan tunjangan hari raya keagamaan dan meningkatnya omset usaha. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in