Home | Jurnal Medan | Jumlah Penduduk Miskin di Sumut Menurun

Jumlah Penduduk Miskin di Sumut Menurun

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatat, terjadinya penurunan cukup signifikan pada jumlah penduduk miskin di Sumatera Utara. Dari Survei Sosial Ekonomi (Susenas) yang digelar pada Maret 2014 lalu, diketahui bahwa jumlah orang miskin di Sumut berkurang sebanyak 129.700 orang, atau sekiatar 9,4 persen menjadi sekitar 1,28 juta orang.

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Sumatera Utara, Ramlan mengatakan, dari total jumlah penduduk miskin yang berkurang itu, 60 ribu orang diantaranya merupakan penduduk yang tinggal di wilayah pedesaan. Penduduk yang hampir 95 persennya berprofesi sebagai petani.

Ramlan mengaku, berkurangnya jumlah penduduk miskin ini didorong oleh cukup terjaganya inflasi di level 1,5 persen pada periode September 2013 hingga Maret 2014. Selain itu, kesejahteraan masyarakat di pedesaan meningkat akibat nilai tukar petani yang naik cukup signifikan. Faktor lain yang menyebabkan meningkatnya kesejahteraan masyarakat di pedesaan adalah menurunnya tingkat pengangguran terbuka, akibat hadirnya usaha-usaha non pertanian di wilayah perdesaan.

Di wilayah pedesaan sendiri, kategori kemiskinan di hitung dari tingkat pengeluaran perkapita per bulan, terhadap garis kemiskinan, yang besarannya ditetapkan senilai Rp.299.145,-. Dimana nilai yang membatasi garis kemiskinan itu sendiri naik 2,38 persen dibandingkan September 2013 lalu. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in