Home | Jurnal Medan | Sasar Pasar Baru, Ekspor CPO Naik

Sasar Pasar Baru, Ekspor CPO Naik

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut mencatat, terjadinya peningkatan pada kinerja nilai ekspor minyak sawit mentah (CPO) Sumut, sebagai komoditas yang paling diunggulkan dari Sumatera Utara. Peningkatannya tercatat sekitar 15,44 persen.

Kepala Seksi Ekspor Hasil Pertanian dan Pertambangan Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut Fitra Kurnia mengatakan, peningkatan ekspor komoditas CPO dan turunannya (meliputi CPO, RBD, CPKO, shortening, palm fatty acid) terjadi pada periode Januari-Mei 2014. Dimana nilainya tercatat sebesar 1,476 miliar dollar amerika, sementara tahun lalu dengan periode yang sama nilainya tercatat hanya 1,289 miliar dollar amerika.

Sementara itu, untuk tingkat volume ekspornya juga turut menggembirakan. Dimana volumenya tercatat sebanyak 2,09 juta ton, sementara tahun lalu dengan periode yang sama besaran volume ekspornya sebanyak 262 juta ton. Fitra juga mengatakan, bahwa kondisi ekspor CPO kontribusi kenaikan ekspor masih didominasi oleh membaiknya harga, bukan kuantitas ekspor yang mengalami kenaikan.

Komoditi CPO Sumut selama ini bergantung pada konsumsi di negara tujuan ekspor, yakni India, China, Rusia, Belanda, Netherland, Spanyol, dan Malaysia. Namun di tahun 2014, yang menjadi tujuan ekspor CPO dan turunannya yakni telah mengalami peralihan, yakni hanya ke negara China dan Belanda, lalu dua pasar baru lainnya ke Afrika dan Italia. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in