Home | Jurnal Medan | Investor Indonesia Jadi Indikator Usia Pensiun di Asia

Investor Indonesia Jadi Indikator Usia Pensiun di Asia

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Manulife mengungkapkan, bahwa investor Indonesia menjadi standar untuk menaikkan usia pensiun resmi di wilayah Asia. Saat ini investor Indonesia sudah bekerja lebih lama setelah pensiun dibandingkan dengan para investor di negara-negara Asia lainnya.

Chief of Employee Benefits PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, Nur Hasan Kurniawan mengatakan, sikap positif Indonesia terhadap upaya menaikkan usia pensiun ini bahkan terlihat menonol ditengah-tengah luasnya dukungan terhadap peningkatan usia pensiun resi yang terjadi di seluruh Asia yang diteliti. Dan jika tindakan berbicara lebih keras daripada sekedar kata-kata, penelitian ini juga menunjukkan bahwa hanya investor Indonesia yang berharap untuk dapat terus bekerja setelah melewati usia pensiun resminya.

Usia pensiun di Indonesia adalah 55 tahun, yang merupakan usia pensiun termuda di wilayah yang diteliti. Dan angka ini ditetapkan beberapa dekade lalu saat usia harapan hidup masyarakat Indonesia jauh lebih rendah yaitu sekitar 55-60 tahun. Seiring dengan perkembangan tersebut, Indonesia telah mengalami perkembangan yang dramatis sejak masa itu, dimana usia harapan hidup pun mengalami peningkatan, dimana saat ini usia harapan hidup mencapai usia 70-an atau 80-an.

Hasil survei Manulife Investor Sentiment Index yang terbaru, untuk kuartal pertama tahun 2014, menunjukkan bahwa 73 persen investor Indonesia memilih untuk menaikkan usia pensiun. Angka ini jauh di atas rata-rata regional (51 persen). Usia pensiun di Indonesia 10 tahun di bawah usia pensiun sebagian besar negara di Asia dan lima tahun di bawah usia pensiun yang berlaku di Malaysia dan Filipina. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in