Home | Jurnal Medan | Sentimen Pasar Positif, Tak Alihkan Kepercayaan Investasi Dana Tunai

Sentimen Pasar Positif, Tak Alihkan Kepercayaan Investasi Dana Tunai

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sentimen investor Indonesia mengalami peningkatan selama dua kuartal berturut-turut. Dimana meningkat sekitar 7 poin menjadi 48, di kuartal pertama 2014. Namun sayangnya, peningkatan tersebut justru lebih besar disumbang dari investasi dana tunai yang naik 80 point, kemudian disusul rumah tinggal.

Director of Bussines Development PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Putut Endro Andanawarih mengatakan, hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Manulife Investor Sentiment Index menyebutkan, peningkatan sentimen investor Indonesia dipicu oleh peningkatan sentimen terhadap reksadana yang tercatat naik, lalu sektor saham.

Putut juga mengatakan, kenaikan sentimen terhadap saham sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan terhadap kondisi Indonesia. Perbaikan kondisi tersebut, dipengaruhi oleh beragam indikator kunci ekonomi seperti neraca berjalan yang membantu pemulihan nilai tukar rupiah, setelah sempat mengalami fluktuasi di 2013.

Putut melanjutkan, bahwa peningkatan sentimen investor terhadap reksadana dan saham pada kuartal ini tidak tercermin dalam keputusan investasi. Sebab investor tetap melanjutkan kebiasaan menyimpan uang di tabungan dan deposito. Buruknya, jika inflasi mengalami peningkatan, maka nilai bunga deposito ataupun tabungan akan turun.

Namun Putut mengingatkan, bahwa mau menempatkan dananya dalam bentuk apapun, baik baik investasi, dana reksa, asuransi ataupun produk keuangan lainnya, sebaiknya kenali dan pahami resiko maupun keuntungannya. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in