Home | Jurnal Medan | Kemendag Jalin Kontrak Karya dengan 107 Perusahaan

Kemendag Jalin Kontrak Karya dengan 107 Perusahaan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kementerian Perdagangan mengungkapkan, bahwa saat ini ada sekitar 107 kontrak karya Minerba yang sedang dalam proses penyelesaian. Targetnya, kontrak karya tersebut dapat selesai dalam tiga bulan ini.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Luthfi mengatakan, dengan berjalannya kontrak karya pertambangan mineral dan batubara (Minerba), harapannya bisa meningkatkan daya saing produk dalam negeri. Sebab akan ada keuntungan yang lebih besar bagi Indonesia bila mengekspor barang pertambangan Minerba dalam bentuk jadi.

Ketentuan mengenai larangan ekspor barang mentah Minerba ditetapkan dalam Pasal 102 dan Pasal 103 UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba). Lewat implementasi peraturan tersebut, maka ekspor bahan mentah tidak diperbolehkan lagi, tanpa proses pemurnian atau pengolahan. Meski memang diakuinya, bahwa menjual bahan baku mentah memang jauh lebih mudah, dibanding menjual bahan jadi. Namun Indonesia harus berubah, dengan menjual barang yang telah di olah, karena ada keuntungan yang lebih besar.

Luthfi mengatakan, bahwa ketentuan mengenai larangan ekspor barang mentah tersebut seharusnya sudah di impementasikan lima tahun yang lalu. Namun karena adanya kelalaian, antara pemerintah dengan pengusaha, sehingga peraturan tersebut tidak jalan. Luthfi mengungkapkan, bahwa kelalaian pemerintah dalam hal tidak menyampaikan dan mengingatkan ke dunia usaha, pusat-pusat pengolahan (smelter). Pemerintah secara konsisten telah mengumumkan bahwa penerapan larangan ekspor mineral dan batu bara (minerba) telah diterapkan pada 12 Januari 2014. Dalam menerapkan UU Minerba Nomor 4 Tahun 2009 telah diterapkan, lahir dua peraturan yang mengatur mengenai masih bisa melakukan ekspor atau tidak bagi para perusahaan tambang nasional. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in