Home | Jurnal Medan | 6 Kepala Daerah Setujui Pembentukan Provinsi Sumatera Pantai Timur

6 Kepala Daerah Setujui Pembentukan Provinsi Sumatera Pantai Timur

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pembentukan Provinsi Pantai Timur Sumatera Utara memasuki babak baru. Enam kepala daerah di Pantai Timur Sumatera yang menjadi cikal bakal daerah provinsi baru itu, kini telah menyejutui pembentukan provinsi Pantai Timur Sumatera. Mereka adalah Walikota Tanjung Balai, Bupati Batubara, Bupati Asahan, Bupati Labuhan Batu Selatan, Bupati Labuhan Batu dan Bupati Labuhan Batu Utara.

Penggagas Provinsi Pantai Timur Sumatera, Muslim Simbolon mengatakan, surat rekomendasi ke 6 kepala daerah itu kini telah dikirimkan kepada Ketua DPRD di masing-masing daerah untuk kemudian disetujui. Kemudian surat tersebut nantinya akan dikirimkan kepada Gubernur dan Ketua DPRD Sumatera Utara untuk dilakukan pembahasan lanjutan.

Politisi Partai Amanat Nasional itu juga berharap, pembahasan pembentukan Provinsi Pantai Timur Sumatera Utara dapat dilaksanakan secara cepat diantara Gubernur dan DPRD Sumut, karena berdasarkan studi kelayakan yang ada, Provinsi Pantai Timur Sumatera sangat layak untuk dimekarkan. Baik secara fisik maupun secara teknis. Apalagi seluruh anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari 6 daerah tersebut, juga memberikan dukungan penuh untuk pembentukan provinsi tersebut.

Dengan diajukannya rekomendasi pembentukan provini Pantai Timur Sumatera ini. Akan ada 4 provinsi baru yang akan dimekarkan dari Sumatera Utara, yakni Provinsi Sumatera Tenggara, Pronvinsi Tapanuli, Provinsi Kepulauan Nias dan Provinsi Pantai Timur Sumatera. Namun realisasi pemekaran keempat provinsi tersebut, masih harus menunggu persetujuan presiden, seiring masih adanya moratorium pembentukan daerah baru sejak tahun 2010 lalu. AS

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in