Home | Jurnal Medan | Suhu Udara di Kota Medan Capai 36 Derajat Celcius, Waspadai Puting Beliung

Suhu Udara di Kota Medan Capai 36 Derajat Celcius, Waspadai Puting Beliung

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, suhu udara di Kota Medan dan sebagian besar kota lainnya di Sumatera Utara saat ini bisa mencapai 36 derajat celcius. Tingginya suhu udara tersebut, karena posisi matahari yang tepat berada di titik ekuator, ditambah telah masuknya musim kemarau dan kondisi pemanasan lokal.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Sumut, Hendra Suwarta mengatakan, ditengah kondisi suhu udara yang bisa mencapai level 36 derajat celcius tersebut, perlu diwaspadai potensi angin kencang (puting beliung). Kecepatan anginnya bisa mencapai 25 knot, atau berkekuatan sekitar 48 kilometer perjam. Potensi angin kencang itu sendiri, bisa terjadi di seluruh wilayah Sumut, mulai dari pantai timur, barat hingga wilayah pegunungan.

Tingginya potensi angin puting beliung itu sendiri, paling besar dipengaruhi oleh kondisi suhu udara yang tinggi. Dimana tingginya suhu udara tersebut, membuat terjadinya perbedaan suhu di Sumut. Disamping itu juga, saat ini angin dari wilayah barat berhembus cukup kencang ke wilayah Sumut.

Hendra pun mengingatkan masyarakat untuk waspada, karena kondisi angin kencang dengan suhu udara bisa mencapai 36 derajat celcius tersebut, akan berlangsung hingga pertengahan Juli 2014 nanti. Masyarakat sebaiknya hindari daerah yang rawan tertimpa benda-benda mudah patah seperti pepohonan, dan lainnya disaat angin berhembus kencang. Kondisi angin puting beliung sendiri, selain berpotensi merusak, juga membahayakan bagi keselamatan. RW

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in